.:: Selamat Datang di Website Suryono Ekotama ::.
Friday, 26 Jun 2015
Sistem setoran
Khadijah
Salam sejahtera, Terima kasih jawaban atas pertanyaan saya sebelumnya. Ada hal yg belum dapat saya mengerti. Begini pak, menilik jawaban yg bapak berikan mengenai setoran dg target 50 porsi sehari, apakah dengan sistem ini saya harus memberikan gaji
Konsultasi Ekotama
Sunday, 31 Aug 2014
ANTRI BBM...?!?
ANTRI BBM...?!? Aku geram melihat antrian kendaraan bermotor mencari "minum" di SPBU. Kepalaku panas karena terjebak kemacetan ditengah panas terik musim kemarau setiap melewati SPBU yang sekarang makin rapat saja jaraknya disetiap lajur jalan.
Pengunjung Saat ini: 6
Total Pengunjung: 582261

Saturday, 15 Sep 2012
SURMADI Edogawa Aby
REKRUT Karyawan

Assalamualaikum.wr.wb
Salam sejahtera Pak Eko, saya mau minta pendapatnya neh Pak?jadi gene neh Pak,saya itu udah punya usaha di Bidang Kuliner...cuman saat ini saya masih kebingungan, apakah saya saat ini harus rekrut karyawan atau di handle sendiri...mengingat saya mulai ketetr...apalagi jika pesanan meningkat SDM nya kurang Pak...sementara selama ini saya masih sendiri dan semua-muanya sendiri. Saya bingung Pak, kalo ngerekrut karyawan saya masih ragu, mengingat memanajemen diri sendiri saja masih berantakan, cash flow masih tercampur dengan uang pribadi, bagaimana nanti kalo saya sudah punya karyawan, saya khawatir ga bisa memanajemen orang Pak...sementara yang namanya Entrepreneur yang baik adalah mampu mendelegasikan kepada orang lain..mohon solusi dan pendapatnya ya Pak?
apa yang harus saya lakukan.



Jawaban:
Friday, 21 Sep 2012

Terimakasih atas atensinya Bapak Surmadi, berikut ini jawaban atas pertanyaan Anda :

1. Syarat utama kita sebagai pengusaha bisa merekrut karyawan adalah pada saat kita sudah mulai keteteran alias banyak pekerjaan yang sudah tidak dapat dihandel  karena saking banyaknya. Bapak Surmadi sudah memenuhi syarat ini (saya hanya mengikuti cerita Bapak saja). Tapi Bapak tetap harus mencermati, jika pekerjaaan yang tidak dapat dihandel itu hanya pada waktu-waktu tertentu saja, bisa jadi Bapak belum membutuhkan karyawan, namun hanya perlu menata alur kerja supaya pada saat high season Bapak tidak kewalahan. Sebaliknya jika setiap hari sudah banyak sekali pekerjaan yang tidak dapat dihandel dan ini membuat perusahaan Bapak tidak dapat maju dan berkembang, maka sudah seharusnya Bapak merekrut karyawan yang lebih terampil dan lebih cekatan dari Bapak. Jadi Bapak tetap harus bijaksana dalam rangka pengadaan karyawan ini.

2. Yang perlu Bapak lakukan sebelum merekrut karyawan adalah = 

  • a. Pisahkan cash flow usaha dengan cash flow pribadi dengan membuat 2 rekening. Kemudian berlatihlah untuk disiplin, tidak serakah dan dapat memaksimalkan fungsi 2 rekening tersebut. Semua arus keuangan perusahaan menggunakan rekening kantor, sedangkan rekening Bapak pribadi hanya dipakai untuk kepentingan pribadi Bapak saja. Ingat, begitu ada karyawan, beban usaha Bapak akan bertambah karena gaji karyawan adalah fixed cost. Pengeluaran wajib bulanan ini perlu manajemen keuangan yang canggih supaya tidak tekor.
  • b. Stabilkan pemasaran dan penjualan. Merekrut karyawan = menambah biaya. Oleh karena itu yang dapat menolong kita dari resiko kerugian adalah pemasukan (pendapatan) yang stabil. Pemasukan yang stabil dapat terjadi jika perusahaan Bapak sudah memiliki pelanggan loyal. Oleh karena itu ciptakanlah ketergantungan pelanggan kepada perusahaan Bapak.
  • c. Buatlah deskripsi pekerjaan untuk masing-masing karyawan yang akan direkrut. Ini penting artinya supaya Bapak nanti tidak kesulitan mendelegasikan dan memanajemeni karyawan. Setelah itu, Bapak berikan training kepada karyawan baru untuk mentaati dan melaksanakan deskripsi pekerjaan ini. Resikonya, Bapak tidak bisa maen suruh seenaknya. Tapi keuntungannya, ini adalah dasar profesionalisme kerja karyawan. Usaha Bapak bisa maju dan berkembang karena karyawannya professional.
  • d. Berlatihlah untuk menjadi leader, yakni dengan memperbaiki kualitas berbicara, kualitas pengambilan keputusan, dan cobalah delegasikan tugas-tugas sederhana kepada orang-orang yang Bapak percayai. Jika kualitas bicara kita sudah baik, pengambilan keputusan kita sudah bijaksana dan kita mampu mendelegasikan tugas-tugas sederhana kepada orang-orang terdekat kita, maka pada saat itulah kita berlatih untuk merekrut karyawan. Kapasitas Bapak sebagai leader ini penting, karena bekerja dengan karyawan itu sebenarnya menambah masalah (jika kita tidak mampu memimpin dan menempatkan mereka pada posisinya masing-masing). Jika tidak siap, bekerja dengan karyawan itu ibarat masuk neraka.

 

 

 

Saya rasa itu saja, supaya mudah diterapkan. Sukses selalu...!


 




Tuesday, 26 May 2015

HARKITNAS, LAUNCHING BUKU TERHEBOH 2015:


TRIK JITU JUAL DIRI...!

 

 

Memperingati hari besar nasional dengan upacara, demonstrasi, atau libur menghamburkan rejeki tiada guna, itu sudah biasa. Yang luar biasa adalah memperingati hari-hari besar nasional dengan mempersembahkan sebuah karya yang berguna bagi bangsa dan negara.

Pada tanggal 20 Mei 2015, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Suryono Ekotama dan penerbit Gramedia melaunching buku terheboh 2015 berjudul TRIK JITU JUAL DIRI. Dikala media massa sedang ramai-ramainya membicarakan tentang fenomena artis jual diri, Suryono Ekotama dan penerbit Gramedia mengajak para anak bangsa untuk meningkatkan ketrampilan menjual potensi dirinya guna meningkatkan kesejahteraannya. Tidak perlu demonstrasi, apalagi korupsi, jika kita hanya ingin kaya. Cermati saja potensi diri, optimalkan untuk mendapatkan rejeki.

Wednesday, 13 May 2015

MEMPERINGATI HARI KARTINI, LAUNCHING BUKU SUKSES MENEMBUS SELEKSI KARYAWAN...!

Hari Kartini di Indonesia selalu diperingati dengan dengan rutinitas lucu, mengenakan baju kebaya / baju tradisional. Padahal Kartini itu simbol perjuangan emansipasi wanita. Apa hubungannya baju kebaya / baju tradisional dengan emansipasi wanita? Sangat tidak nyambung kan? Sama halnya dengan hari kemerdekaan yang diisi dengan lomba makan kerupuk. Para pahlawan yang beristirahat di taman makan pahlawan pasti menangis sedih melihat bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya dengan makan kerupuk dan korupsi banyak-banyak. Begitulah Indonesia. Kelucuannya mungkin akan bertahan sampai akhir jaman. Kecuali jika kita mengubahnya dan melakukan hal-hal yang revolusioner.

Thursday, 30 Apr 2015

WORKSHOP RAHASIA SUKSES SELEKSI WAWANCARA MENCATATKAN REKOR...!

Pada tanggal 20 - 24 April 2015 yang lalu, bertempat di Aula SMKN 1 Majalengka, Jawa Barat, Suryono Ekotama menjadi mentor pada acara Workshop Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh Dinsosnakertrans Kabupaten Majalengka. Acara tersebut berlangsung selama 5 hari berturut-turut, dengan target peserta 3500 orang. Namun target tersebut terlampaui karena membludaknya animo pencari kerja, sehingga sampai acara tersebut berakhir, peserta yang tercatat mencapai 4000-an orang.

Copyright 2009 - 2015 :: ekotama. All Rights Reserved.