.:: Selamat Datang di Website Suryono Ekotama ::.
Saturday, 18 Oct 2014
Menjaga rahasia perusahaan
Christie
Dear Pak Ekotama, Saya sudah mulai membuka resto, yang ingin saya konsultasikan adalah : Bagaimana cara menjaga rahasia resep masakan yang saya buat ? tetapi masakan dengan cita rasa yang sama dapat dibuat oleh pegawai (tanpa diketahui racikann
Konsultasi Ekotama
Sunday, 31 Aug 2014
ANTRI BBM...?!?
ANTRI BBM...?!? Aku geram melihat antrian kendaraan bermotor mencari "minum" di SPBU. Kepalaku panas karena terjebak kemacetan ditengah panas terik musim kemarau setiap melewati SPBU yang sekarang makin rapat saja jaraknya disetiap lajur jalan.
Pengunjung Saat ini: 3
Total Pengunjung: 499660

Sunday, 29 Aug 2010

CARA GAMPANG BIKIN SOP (Standart Operating Procedure)


"Mengapa Usaha Biasa Selalu Kalah Bersaing dengan Usaha Bersistem?"

Jika kita perhatikan akhir-akhir ini, disekitar rumah kita bermunculan usaha-usaha baru yang terlihat lebih profesional. Tempat usahanya terlihat lebih bersih, nyaman untuk pengunjung dan sistem transaksinya sangat singkat. Usaha-usaha baru ini disatu sisi disayang masyarakat konsumen karena memanjakan konsumen, namun disisi lain dibenci pemilik usaha biasa dan pemerintah setempat yang cara berpikirnya ketinggalan jaman karena dianggap menggusur eksistensi pengusaha kecil. Benarkah demikian? Anda akan menemukan jawabannya dalam buku ini.

Pada Bagian Pembuka buku CARA GAMPANG BIKIN SOP ini diungkapkan tentang apa yang dimaksud usaha biasa, usaha bersistem, beserta keunggulan dan kelemahannya masing-masng. Pembaca akan merasa asyik memahami pembahasan ini karena diajak tour kuliner oleh penulis.

 


"Apa Saja Keuntungan Menjalankan Usaha Bersistem?"

Sebuah usaha bersistem itu selalu memenangkan persaingan dibandingkan jenis usaha biasa / tradisional / konvensional, karena sistem usaha itu memiliki keunggulan kompetitif.

Pada Bagian 1 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP ini diungkapkan tentang 7 (tujuh) keunggulan kompetitif bisnis yang menerapkan sistem operasional untuk menjalankan usahanya. Uraian yang singkat disertai dengan contoh penerapannya pada bisnis yang sudah berjalan sempurna, membuat pembaca mudah untuk memahaminya.

 


"Apakah Yang Dimaksud SOP?"

Banyak dari kita tidak tahu apa yang dimaksud SOP. Bahkan pelaku bisnis yang sudah menjalankan usahanya puluhan tahun secara tradisional / konvensional pun tidak mengerti apa yang dimaksud SOP. Padahal sebenarnya mereka sudah menjalankan SOP meskipun tidak tertulis.

Pada Bagian 2 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan apa dan bagaimana SOP itu. Uraiannya yang sederhana membuat pembaca mudah memahaminya.

 


"Apa Tujuan Membuat SOP?"

Jika Anda berpikiran bahwa tujuan membuat SOP itu untuk membuat perusahaan untung besar, Anda salah. SOP adalah tulang punggung operasional perusahaan. Dengan adanya SOP ini diharapkan perusahaan menjadi lebih kompetitif.

Pada Bagian 2 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan tentang berbagai tujuan membuat SOP. Uraiannya singkat dan padat, memudahkan Anda untuk memahaminya.

 


"Kapan SOP Dibuat?"

Banyak orang tidak mengerti kapan SOP dibuat. Ada yang berprinsip bahwa sebelum usaha berjalan, SOPnya sudah harus dibuat terlebih dahulu. Ada juga yang baru membuat SOP setelah usaha berjalan. Bahkan ada pula yang membuat SOP setelah usaha dikembangkan. Lantas kapan waktu yang tepat?

Pada Bagian 2 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan kapan sebuah SOP itu harus disusun. Uraiannya sangat singkat namun sangat mudah dipahami dari sisi manajerial.

 


"Siapa Yang Membuat SOP?"

Banyak orang tidak mengerti bagaimana cara membuat SOP, sehingga mereka kebingungan pada saat usahanya menuntut dibuatkan SOP untuk keperluan pengembangan usaha. Ada juga yang tidak telaten menyusun SOP sehingga menyerahkannya di tangan konsultan. Benarkah cara seperti ini?

Pada Bagian 2 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan tentang siapa yang harus membuat SOP beserta plus minusnya, sehingga Anda mudah mengambil keputusan, apakah akan menyusun SOP sendiri atau diserahkan kepada orang lain.

 


"Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Menyusun SOP?"

Menyusun SOP itu bukanlah pekerjaan mudah. Bukan sulit karena materinya, tetapi sulit karena prosesnya karena harus melalui tahap uji coba yang memakan waktu. Banyak orang tidak memiliki kesabaran ekstra untuk menunggu proses pembuatan SOP, padahal jika dibandingkan dengan hasil pengembangan usaha yang akan diperoleh, waktu yang dibutuhkan untuk penyusunan SOP ini sangatlah singkat.

Pada Bagian 2 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan tentang berapa lama menyusun SOP itu dan triknya untuk mempersingkat waktu penyusunannya.

 


"Mengapa SOP Mahal Harganya?"

Banyak pengusaha yang mundur teratur ketika mengetahui harga sebuah SOP mencapai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Padahal didalam SOP inilah tersimpan Hak Cipta dan Rahasia Dagang yang nilainya bahkan mungkin mencapai milyaran rupiah.

Pada Bagian 2 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan tentang sebab musabab SOP harganya mahal, namun menjadi sangat murah jika SOP itu sudah diterapkan pada bisnisnya. Menarik!

 


"Apa Saja Dasar-dasar Membuat SOP?"

Membuat SOP itu ternyata tidak bisa semabarangan. Harus memenuhi syarat-syarat tertentu, supaya SOP itu memiliki jiwa, hidup dan mampu menumbuh kembangkan bisnisnya.

Pada Bagian 3 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan tentang empat dasar membuat SOP. Keempat dasar ini mutlak harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum menyusun SOP supaya SOP yang disusun nanti tepat sasaran.

 


"Apa Saja Tujuh SOP Wajib?"

Pada jenis usaha tradisional, sistem pengelolaannya masih campur aduk, tidak ada pembagian fungsi yang jelas. Sedangkan pada jenis usaha modern, sudah dilakukan pembagian fungsi yang jelas antar divisi, sekecil apapun usaha itu. Divisi-divisi inilah yang membutuhkan SOP tersendiri namun menjadi satu kesatuan (integrated system).

Pada Bagian 4 buku JURUS JITU MEMILIH BISNIS FRANCHISE diungkapkan tentang 6 ciri utama bisnis franchise yang baik, yang dapat menghindarkan kita dari salah pilih dan berakibat pada kerugian.

 


"Bagaimana Cara Mudah Menyusun SOP?"

Banyak orang menganggap menyusun SOP sendiri itu rumit bin njlimet. Padahal sebenarnya tidak. Menyusun SOP itu sangat mudah, terutama jika Anda sudah memahami isi buku ini. Waktunya pun sangat singkat. Aplikasinya dijamin tepat sasaran. Dijamin lebih hebat daripada SOP bikinan konsultan.

Pada Bagian 5 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan tentang tiga tahap menyusun SOP. Penulis mengajak pembaca langsung mempraktekkannya dengan contoh-contoh yang mudah dipahami.

 


"Bagaimana Cara Aplikasi SOP Yang Tepat Sasaran?"

Menerapkan SOP boleh dibilang gampang-gampang susah. Jika kita sudah mengerti caranya, SOP dapat diaplikasikan tepat sasaran. Namun jika kita belum mengetahui caranya, aplikasi SOP justru pemborosan tak berujung.

Pada Bagian 6 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan tentang enam cara aplikasi SOP. Keenam cara ini satu sama lain saling berkaitan dan berkelanjutan, sehingga memudahkan penerapannya.

 


"Kapan SOP Harus Diubah & Bagaimana Caranya?"

Seluruh buatan manusia itu tidak langgeng, termasuk SOP. SOP yang baik adalah SOP yang dinamis, mengikuti dinamika bisnisnya. SOP seperti inilah yang dikatakan sebagai SOP yang mampu menjadi tulang punggung bisnis.

Pada Bagian 7 buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan tentang kapan SOP itu harus diubah dan cara-cara perubahannya. Sangat aplikatif!

 


"Apa Saja Potensi Pengembangan Bisnis Dengan SOP?"

Keberadaan SOP yang baik mampu memajukan dan mengembangkan bisnis. Inilah buah manis dari susah payah menyusun SOP. Prosesnya panjang sebagaimana sudah diungkapkan sebelumnya. Pada masa ini, kita tinggal memanen hasilnya saja.

Pada Bagian Penutup buku CARA GAMPANG BIKIN SOP diungkapkan tiga cara pengembangan bisnis dengan SOP. Dijamin dapat Anda terapkan seketika!. Selamat bekerja!

 


"Apakah Ada Contoh SOP?"

ADA! Pada bagian lampiran buku ini disediakan contoh SOP Lengkap. Anda tinggal memahaminya saja. Sukses!


"Mengapa buku ini harus diterbitkan?"
Ada dua alasan mengapa buku ini harus diterbitkan :

  • Pertama, buku ini merupakan hasil olah otak orisinil dari Suryono Ekotama. Semua yang tertuang didalam buku ini adalah buah dari pengalamannya yang dicatatnya selama beberapa tahun khususnya dalam bidang operasional bisnis franchise, kemudian dianalisis menggunakan kemampuan otaknya. Karya-karya orisinil seperti inilah yang seharusnya disumbangkan oleh para sarjana di Indonesia untuk memajukan bangsa ini dan patut dilindungi hak ciptanya oleh negara.
  • Kedua, banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui seluk beluk bisnis franchise, khususnya cara menyusun SOP, sehingga bisnisnya tidak berkembang hanya gara-gara tidak punya SOP yang menjual. Padahal investor lebih tertarik pada bisnis bersistem daripada bisnis biasa tanpa sistem. Buku ini berusaha membantu pembaca untuk membuat sistem operasional bagi usahanya, sehingga harapan terwujudnya Majikan Terdidik di bangsa kita lebih mudah terlihat secara kasat mata.
Penerbit : Media Pressindo
Alamat Penerbit : Perum Tambak Mas 77 DK II, Sumberan, Yogyakarta 55182
Telp. / Fax : (0274) 523845, 8251477/ (0274) 620879
Email : medpressgroup@yahoo.com
Distributor : PT Buku Kita
Alamat Distributor : Jl. Kelapa Hijau No. 22 RT 006/03 Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta 12620.
Telp. / Fax. : (021) 78881850 / (021) 78881860
Email : marketingbukukita@gmail.com
Website : Website
Data Buku :

cetakan pertama tahun 2010; 160 halaman; 15 x 23 cm

Buku ini masih dapat dijumpai di toko-toko buku di seluruh Indonesia, atau dapat dipesan melalui penerbit/distributor tersebut diatas.


"Siapa penulis buku ini?"
Buku ini merupakan karya orisinil Suryono Ekotama. Ditulis dalam waktu 1 bulan berdasarkan catatan-catatan pribadinya.


"Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap buku ini?"
Berdasarkan penelusuran penulis melalui penerbit maupun distributor dan toko buku, buku ini termasuk buku yang tingkat penjualannya stabil. Hal ini dipengaruhi karena tema yang dipilih adalah tema yang dapat laku sepanjang masa (bukan tema kontemporer). Sampai saat ini, tercatat ribuan orang telah membaca buku ini dan beberapa diantaranya telah memberikan kesaksian keberhasilannya membangun bisnis franchise berdasarkan pedoman yang tertulis dalam buku ini.


Saran penulis :

Buku ini sangat bermanfaat bagi generasi muda di Indonesia yang bercita-cita menjadi Majikan Terdidik. Buku ini juga sangat bermanfaat bagi siapa saja yang memiliki jiwa kemerdekaan dalam arti sesungguhnya dan ingin mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hasil karya yang diakui dunia.

 


Thursday, 28 Aug 2014

Surat Terbuka Untuk Pak Jokowi (3)

MUSNAHKAN JAS, GANTI DENGAN BATIK

 
Pak Jokowi, saya mendukung Anda karena Anda memiliki program Revolusi Mental yang sejalan dengan konsep Revolusi Indonesia saya. Namun melihat penampilan Anda akhir-akhir ini, saya kecewa. Anda makin rajin mengenakan jas. Dimana Revolusi Mental yang dulu Anda canangkan?

Pak Jokowi, Indonesia itu negara yang beriklim tropis. Tidak cocok mengenakan jas yang didesain untuk iklim dingin atau sub tropis. Jas itu budaya eropa, budaya barat. Harganya mahal, tidak ekonomis dan merupakan pemborosan. Apakah meniru budaya barat dan pemborosan itu dinamakan Revolusi Mental? Apakah meniru budaya barat itu disebut kemandirian dalam bidang budaya? Apakah melakukan pemborosan itu disebut kemandirian dalam bidang ekonomi?

Saturday, 16 Aug 2014

SURAT TERBUKA UNTUK BUPATI & DRPD KAB. BANYUMAS

SELAMATKAN PG KALIBAGOR...!


 
Bapak Bupati Banyumas dan seluruh Pimpinan maupun Anggota DPRD Kab. Banyumas, saya sangat sedih sekali melihat kondisi Pabrik Gula (PG) Kalibagor yang terletak di daerah Sokaraja, ditepi jalan utama Banyumas - Purwokerto, Jawa Tengah. PG peninggalan Belanda ini sudah bertahun-tahun terlihat dibiarkan tanpa perawatan dan penjagaan. Kondisinya sangat memprihatinkan. Padahal PG ini merupakan asset pemerintah dan dilindungi oleh undang-undang sebagai peninggalan sejarah (benda cagar budaya) yang harus dilestarikan.

Monday, 04 Aug 2014

KEMACETAN

Kemacetan itu sangat menyebalkan. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sama-sama gagal mengurai kemacetan. Artinya, mereka sama-sama gagal melakukan penghematan dan justru berperan serta melakukan pemborosan. Pemerintah pusat gagal mengendalikan laju produksi dan penjualan mobil atau motor, tentunya dengan alasan mereka sendiri. Pemerintah daerah gagal mengelola pajak kendaraan bermotor untuk memperbaiki dan menambah fasilitas jalan raya. Masih mau menyalahkan rakyat sebagai penyebab kemacetan? Maaf ya?!? Kami sebagai rakyat hidup di negara yang merdeka. Kami lahir bukan untuk disalahkan atas pengelolaan negara ini yang amburadul. Bukankah kami sudah membayar Anda (pemerintah) untuk mengelola negara ini dengan baik?

Mengapa kemacetan sama dengan pemborosan? Berikut ini alasannya:

Copyright 2009 - ekotama. All Rights Reserved.